Sunday 27 November 2016

RUMAH HOS TJOKROAMINOTO PENELEH

Rumah HOS Tjokroaminoto

Surabaya dikenal sebagai kota Pahlawan. Bukan hanya karena peristiwa 10 November yang sangat menggemparkan dunia, Surabaya sebenarnya memang merupakan tempat kelahiran ataupun tempat berkumpulnya banyak pahlawan yang berjasa bagi kemerdekaan. Salah satu pahlawan asal Surabaya yang juga merupakan salah satu tokoh penting yang berkontribusi untuk kemerdekaan Indonesia adalah HOS Tjokroaminoto (Cokroaminoto). Jika kalian penasaran mengenai beliau ini, salah satu yang bisa kalian lakukan adalah mengunjungi rumah peninggalan HOS Tjokroaminoto di daerah Peneleh. Di lokasi inilah, banyak terekam kisah dan sejarah perjuangan bangsa.

Siapa HOS Tjokroaminoto?


HOS Tjokroaminoto
HOS Tjokroaminoto

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai rumah penginggalan HOS Tjokroaminoto, ada baiknya kita mencoba sedikit mengenal beliau. Hadji Oemar Said Tjokroaminoto ini sebenarnya bukan asli Surabaya. Beliau dilahirkan di Ponorogo pada 16 Agustus 1882. Setelah mengenyam pendidikan di Magelang dan bekerja tiga tahun sebagai juru tulis pangrehpraja di Ngawi, beliau pindah ke Surabaya. Di kota inilah, beliau bertemu dengan H. Samanhudi, yang merupakan pendiri Sarikat Dagang Islam. Di organisasi ini, beliau berperan untuk menata dan mengelola peraturan organisasi.

Sarekat Islam
Logo Sarekat Islam

Atas usulan Tjokroaminoto, kata Dagang dihilangkan dari nama organisasi, sehingga menjadi Serikat Islam. Organisasi tersebut diketuai oleh H. Samanhudi, dan Tjokroaminoto bertindak sebagai komisaris, dan selanjutnya sebagai wakil ketua. Serikat Islam tumbuh pesat dan anggotanya bahkan mencapai sekitar 2,5 juta orang.

Dalam perkembangannya, SI kemudian disusupi oleh paham sosialisme revolusioner yang disebarkan oleh  H.J.F.M Sneevliet. Dia pada akhirnya berhasil mempengaruhi tokoh-tokoh muda SI, seperti Semaoen, Darsono, Tan Malaka, dan Alimin Prawirodirdjo. Singkat cerita, akhirnya SI terbelah menjadi dua kubu: SI Putih dipimpin oleh Tjokroaminoto dan SI Merah yang beraliran sosialisme-komunisme dipimpin oleh Semaoen. SI Merah inilah yang nantinya menjadi cikal bakal Partai Komunis Indonesia.

Pada 1921, Tjokroaminoto ditangkap dan ditahan di Cimareme, Garut, Jawa Barat dengan tuduhan terlibat pembunuhan Eropa dan Cina serta kerusahan dalam peristiwa Garut yang dilakukan oleh SI Seksi B (yang bersifat revolusioner). Beliau dibebaskan sekitar 9 bulan kemudian tanpa pengadilan (Agustus 1922).

Tjokroaminoto meninggal di Yogyakarta pada 17 Desember 1934 pada umur 52 tahun setelah jatuh sakit saat mengikuti kongres SI di Banjarmasin. Beliau dimakamkan di TMP Pekuncen, Yogyakarta.

Sejarah Rumah HOS Tjokroaminoto Peneleh


Rumah yang diperkirakan dibangun pada tahun 1987 ini sampai saat ini masih terjaga dengan baik. Meskipun telah ada beberapa renovasi dan perubahan, secara keseluruhan bangunan tetap sama seperti ketika ditinggali oleh Tjokroaminoto. Hanya saja, barang-barang yang ada di sana hanya merupakan replika karena yang asli sebagian besar telah dibawa oleh ahli warisnya.

Rumah tersebut terletak di gang Jalan Peneleh 7, yang tepatnya berada di seberang Jembatan Peneleh. Dari luar, kita bisa melihat warna hijau yang mendominasi bagian pagar. Pagar ini terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan dua daun pintu. Pada bagian tiang di kiri kanan pintu pagar, masing-masing terdapat tulisan 29 dan 31, yang menunjukkan bahwa rumah ini menempati nomor 29-31.

Rumah HOS Tjokroaminoto Surabaya

Rumah HOS Tjokroaminoto Peneleh

Rumah HOS Tjokroaminoto Peneleh Surabaya

Melewati pagar tersebut, kita akan sampai di teras yang tak cukup lebar. Baru dari situlah, kita akan dihadapkan dengan pintu yang berwarna paduan antara hijau dan kuning. Jendela dengan warna senada terdapat di kiri dan kanan pintu. Ketika mengeksplorasi rumah ini, kalian akan menemukan bahwa daun pintu di keseluruhan ruangan rumah tersebut memiliki warna senada dengan daun-daun pintu yang kalian temui di bagian depan rumah.

Begitu memasuki ruang tamu, yang terasa adalah kesederhanaan yang sangat kental. Lantai rumah itu terbuat dari ubin-ubin kecil berwarna putih dan merah. Warnanya kusam karena termakan usia dan mungkin juga jarang dibersihakan. Secara keseluruhan, rumah ini memiliki cat berwarna putih dan bagian plafonnya terbuat dari anyaman bambu.

Di bagian kanan pintu terdapat meja kayu-marmer dengan empat kursi kayu yang mengelilinginya. Ruangan ini sepertinya adalah ruang tamu. Pada dindingnya, kalian akan menemukan foto-foto Tjokroaminoto semasa hidupnya. Foto-foto beliau juga bisa ditemukan di beberapa dinding dalam rumah tersebut. Di bagian atapnya tampak menjulur lampu yang berkesan jadul, yang juga akan kalian dapati di beberapa titik atap dari rumah tersebut. Di bagian kiri ruangan tersebut, tampak 3 bufet kecil dengan beberapa foto di dindingnya.

Rumah HOS Cokroaminoto

Rumah HOS Cokroaminoto Surabaya

Rumah HOS Cokroaminoto Peneleh

Rumah HOS Cokroaminoto Peneleh Surabaya

Rumah Tjokroaminoto

Dari ruang tamu, kita akan disambut dengan  pintu yang menghubungkan ke ruang kedua. Di ruang kedua inilah kita akan menemukan beberapa pintu kamar. Total, ada dua kamar di rumah kecil ini, yang salah satunya adalah kamar Tjokroaminoto. Satu kamar berada tepat di belakang ruang tamu, sementara lainnya berada di bagian kiri. Di salah satu kamar tersebut, terdapat sebuah meja rias kuno dari kayu dan di atasnya terdapat tulisan PSII dalam sebuah bingkai. Di kamar lainnya, kalian bisa menemukan perkakas sederhana seperti bufet dan lemari.

Rumah Tjokroaminoto Surabaya

Rumah Tjokroaminoto Peneleh

Rumah Tjokroaminoto Peneleh Surabaya

Rumah Cokroaminoto Peneleh Surabaya

Menuju ke ruangan paling belakang, kalian akan menemukan sebuah tangga. Tangga inilah yang akan membawa kalian ke suatu loteng yang merupakan salah satu tempat paling menarik di rumah ini.

Rumah Cokroaminoto Peneleh

Rumah Cokroaminoto Surabaya

Rumah Cokroaminoto

Rumah Hadji Oemar Said Tjokroaminoto

Di sinilah, Soekarno dulu sempat mengekos. Ya, memang rumah Peneleh ini selain ditinggali oleh Tjokroaminoto, juga dijadikan sebagai rumah kos. Soekarno sendiri bisa kos di sini karena dititipkan oleh sang ayah, Soekemi, yang merupakan teman dari Tjokroaminoto. Soekarno harus mengekos karena saat itu dia harus bersekolah di HBS yang beralamat di Jl. Kebonrojo, yang sekarang telah berubah menjadi Kantor Pos Kebonrojo. Selain Soekarno, anak-anak kos lainnya yang pernah tinggal di sini adalah Semaoen, Alimin, Musso, dan Kartosoewirjo. Karena mengekos di rumah inilah, Soekarno muda sering mendengarkan rapat-rapat yang dihadiri oleh banyak tokoh penting yang berperan dalam kemerdekaan Indonesia. Soekarno bahkan sering menirukan pidato Tjokroaminoto, dan ditertawakan oleh teman-teman kos lainnya.

Oleh keluarga Tjokroaminoto, rumah ini kini telah diserahkan kepada Pemerintah Kota Surabaya untuk dipelihara bagi kepentingan nasional. Rumah Peneleh ini pun telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya dengan SK Walikota Surabaya No 188.45/251/402/1996 No Urut 55 Tahun 2009.


WAKTU OPERASIONAL


Jam Operasional:
Selasa - Minggu: 09.00 - 16.00
Hari Senin / di luar jam operasional bisa menghubungi Pak Eko +6281230866658

(Update: Informasi tambahan dari Sultan FH)


TIKET MASUK


-


ALAMAT RUMAH HOS TJOKROAMINOTO PENELEH


Jalan Peneleh 7 No 29 – 31, Surabaya



Sumber:
en.wikipedia.org
jalan2.com
Liputan dan Wawancara oleh Tim Inilah Surabaya!
www.news.detik.com


9 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KHUSUS MALAM NATALAN Dapatkan CHIP GRATIS
      Ayo buruan daftar kan akun anda hanya di
      www. murnipoker .net

      www. aslimenang .com

      Segera hub :
      WA : +62823-8449-7778
      MICHAT : murnipoker
      LINE : murnipoker
      intragram : murnipoker
      twitter : @Murni_Poker
      facebook : murnip0ker

      Tunggu Apalagi?Maenkan Segera & MENANG KAN BERSAMA MURNI POKER!!
      Ajak Teman Anda Bergabung DI MURNI POKER!!
      SALAM MURNI POKER:)

      FREE CHIP (Syarat dan ketentuan berlaku)

      Delete
  2. Jam Operasional :
    Selasa - Minggu : 09.00 - 16.00

    Hari Senin/ diluar jam operasional bisa menghubungi Pak Eko +6281230866658
    +6285606066658

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk tambahan informasinya :)
      Dan terima kasih sudah berkunjung ke Inilah Surabaya!

      Delete
  3. segera miliki apar di rumah
    dan pastikan apar yang anda miliki sesuai dengan kebutuhan anda

    kami siap melayani isi ulang apar, jual tabung pemadam baru, dan fire alarm otomatis maupun manual .
    www.tabung-pemadam.com
    hubungi segera
    082140010901

    harga refil powder 45 rb / kg , co2 & foam afff 55 rb/ kg
    untuk harga liquid gas 350 rb /kg
    kalau beli apar baru 170 rb (powder 1 kg)

    ReplyDelete
  4. KHUSUS MALAM NATALAN Dapatkan CHIP GRATIS
    Ayo buruan daftar kan akun anda hanya di
    www. murnipoker .net

    www. aslimenang .com

    Segera hub :
    WA : +62823-8449-7778
    MICHAT : murnipoker
    LINE : murnipoker
    intragram : murnipoker
    twitter : @Murni_Poker
    facebook : murnip0ker

    Tunggu Apalagi?Maenkan Segera & MENANG KAN BERSAMA MURNI POKER!!
    Ajak Teman Anda Bergabung DI MURNI POKER!!
    SALAM MURNI POKER:)

    FREE CHIP (Syarat dan ketentuan berlaku)

    ReplyDelete