Friday 21 February 2014

PERPUSTAKAAN BANK INDONESIA

Perpustakaan Bank Indonesia

Perpustakaan Bank Indonesia terletak di kawasan Jl. Raya Darmo, tepatnya di Jl. Mayangkara No. 6 Surabaya. Alamat Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya ini sangat mudah dicari karena berada di dekat Kebun Binatang Surabaya atau tepat di seberang Toko Buku Togamas Diponegoro. Gedung ini juga tak jauh dari Taman Bungkul.
Baca juga:
TAMAN BUNGKUL

Gedung ini dulunya disebut Worning voor Agent van Javasche Bank dan merupakan rumah pejabat De Javasche Bank (yang berganti nama menjadi Bank Indonesia pada tahun 1953). Sebelum menjadi Perpustakaan Bank Indonesia, gedung ini dulunya dipakai untuk Museum Mpu Tantular, sebelum akhirnya museum tersebut dipindahkan ke Sidoarjo pada tahun 2004. Gedung yang dibangun pada tahun 1921 oleh biro arsitek dari Job and Sprij Surabaya pada tahun 1975 ini memang terkenal dengan desain bangunannya yang kuno dan berbau Belanda.

Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya

Perpustakaan BI Surabaya

Oleh Pemerintah Kota Surabaya, gedung ini telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya sesuai dengan SK Walikota No. 188.45/251/402.104/1996 dan merupakan salah satu aset bersejarah Bank Indonesia yang ada di Surabaya.

Perpustakaan BI

Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya ini diresmikan pada tanggal 15 Juli 2012. Namun, untuk sejarah Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya ini secara lengkap, tim Inilah Surabaya! masih belum mendapatkan banyak data.

Perpustakaan ini sebenarnya difokuskan untuk ekonomi, moneter, dan perbankan. Namun, selain itu juga banyak referensi tentang politik, pajak, ilmu eksakta, ilmu terapan, dll. Dan meskipun tidak lengkap, perpustakaan ini juga menyediakan beberapa novel sastra, seperti karya-karya Ajip Rosidi, Pramoedya Ananta Toer, dll.

Gerbang masuk perpustakaan ini terletak di Jl. Raya Darmo. Sementara, pintu masuknya terletak di sebelah selatan, menghadap ke Taman Mayangkara.

Perpus BI
Perpustakaan Bank Indonesia dilihat dari Jalan Darmo

Perpus BI Surabaya

Perpus Bank Indonesia Surabaya

Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya
Taman Mayangkara dilihat dari halaman Perpustakaan Bank Indonesia

Yang lebih menarik, gedung ini memiliki taman yang indah, dengan jalan setapak yang bagus, yang menghubungkan pintu gerbang dengan pintu masuk perpustakaan. Taman yang hijau ini tampak berpadu serasi dengan bangunan kuno gedung yang didominasi warna putih.

Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya Darmo

Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya Mayangkara

Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya Bonbin

Perpustakaan Bank Indonesia

Perpustakaan BI

Bagi yang suka foto-foto, tentu beberapa bagian gedung ini bisa menjadi spot menarik.

Perpustakaan BI Surabaya

Perpustakaan ini memiliki lobi yang nyaman, dengan sofa empuk yang membuatnya benar-benar feels like home.

Perpus BI Surabaya

Perpus BI Surabaya Bonbin

Perpus BI Surabaya Darmo

Perpus BI Surabaya Mayangkara

Khas arsitektur Belanda, bangunan ini juga memiliki langit-langit yang tinggi. Jadi, seandainya pun perpustakaan ini tidak dilengkapi AC, kemungkinan besar tidak akan terasa panas.

Perpus BI Cabang Surabaya

Setiap pengunjung diwajibkan untuk membawa tanda pengenal yang masih berlaku, seperti KTP, SIM, Kartu Pelajar, atau Kartu Mahasiswa, yang akan digunakan—salah satunya—untuk penitipan barang di loker-loker yang telah disediakan di lobi.

Perpustakaan BI Cabang Surabaya

WAKTU OPERASIONAL


Senin – Jumat : 08.00 – 16.00
Sabtu : 08.00 – 15.00
Minggu : LIBUR

SPOT/ATRAKSI MENARIK


1. Ruang Baca Utama


Di ruang baca utama ini terdapat 15.000 buku, referensi, majalah, koran/harian lokal maupun mancanegara. Ruang baca utama ini dibagi menjadi dua ruangan berdasarkan jenis buku serta nomor seri yang tertera pada buku: Ruang Baca I dan Ruang Baca II.

Perpustakaan Bank Indonesia Cabang Surabaya

Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya

Perpustakaan Bank Indonesia

Perpustakaan Bank Indonesia SBY

Untuk membaca buku-buku dari ruangan tersebut tidak terbatas hanya di dalam ruangan saja. Tersebar di seluruh bangunan, terdapat beberapa sofa, meja, serta kursi yang nyaman.

Perpustakaan BI SBY

Jendela-jendela tinggi khas Belanda yang tersebar di beberapa ruangan memberi cahaya alami yang menentramkan serta membebaskan kita untuk menikmati suasana taman yang ada di luar ruangan.

Perpus BI SBY

Perpustakaan BI SBY

Katalognya bisa dicari pada beberapa komputer yang disediakan. Dan komputernya pun sangat modern, dengan sistem touch screen.

Perpustakaan Bank Indonesia di SBY

Perpustakaan Bank Indonesia yang ada di Surabaya

2. Ruang Baca Anak


Perpustakaan ini juga menyediakan ruangan tersendiri untuk ruang baca anak. Selain memiliki koleksi buku anak dalam berbagai bahasa, ruangan ini juga dilengkapi dengan mainan pendidikan. Selain itu, ruangan tersebut memiliki desain yang colorful dengan meja-kursi yang unik, yang dijamin akan membuat anak-anak kerasan berada di dalamnya.

Perpustakaan Bank Indonesia yang berada di Surabaya

Perpustakaan Bank Indonesia yang berlokasi di Surabaya

3. Ruang Komputer


Di dalam ruangan ini terdapat 18 smart PC yang bisa digunakan untuk men-download jurnal ekonomi, moneter, dan perbankan secara bebas.

alamat Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya

4. Fasilitas Pendukung


Semua ruangan di gedung ini dilengkapi dengan AC. Selain itu, perpustakaan ini juga menyediakan ruang audio visual dan mesin fotokopi. Toilet tersedia di gedung yang terpisah. Bagi umat Muslim, juga disediakan mushola yang bersih dan nyaman.

Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya dimana


TIKET MASUK


-


KELEBIHAN


- Suasana sangat nyaman yang membuat kita kerasan membaca buku di dalamnya.
- Bangunan yang khas dengan arsitektur Belanda sangat pas untuk foto-foto. Cocok juga untuk kalian yang narsis atau suka hunting foto.
- Taman yang asri di sekitar gedung membuat kita semakin kerasan berada di sana.
- Lokasinya dekat dengan jalan raya sehingga mudah dijangkau dari manapun.


KEKURANGAN


- Karena difokuskan sebagai perpustakaan ekonomi, moneter, dan perbankan, koleksi perpustakaan di luar buku-buku ekonomi, moneter, dan perbankan jumlahnya terbatas.
- Kamar mandi dan mushola terletak di bangunan yang terpisah. Apabila sedang musim hujan, sangat disarankan untuk membawa payung untuk menghindari terjebak hujan ketika akan berpindah dari satu bangunan ke bangunan yang lain.

CARA MENUJU PERPUSTAKAAN BANK INDONESIA


1. Terminal Bungurasih

- Naik Damri jurusan Tanjung Perak, turun di halte Jl. Taman Mayangkara.
- Naik lyn H1 turun di Terminal Joyoboyo. Lanjut naik lyn V, turun di Halte Jl. Taman Mayangkara.

2. Terminal Joyoboyo

- Naik lyn V, turun di Halte Jl. Taman Mayangkara.
- Naik lyn D, turun di Halte Jl. Diponegoro.

3. Terminal Bratang

- Naik lyn P atau lyn S, turun di Terminal Joyoboyo. Lanjut naik lyn V, turun di Halte Jl. Taman Mayangkara.

Peta Lokasi Perpustakaan Bank Indonesia


ALAMAT PERPUSTAKAAN BANK INDONESIA


Jl. Taman Mayangkara No. 6 Surabaya
Telp: (031) 567 4276
Facebook: Perpustakaan Kpw BI Surabaya
Twitter: Perpus_BISbyPerpus_BISby




Sumber:

- Brosur resmi Perpustakaan BI
- Liputan oleh Tim Inilah Surabaya!


3 comments: