Sunday 1 June 2014

PESTA RAKYAT (31 MEI 2014)

Pesta Rakyat 2014
Pesta Rakyat 2014

Rangkaian acara Peringatan HUT Surabayake 721 ditutup dengan Pesta Rakyat yang digelar tepat pada hari jadi kota Surabaya yang ke 721 yaitu tanggal 31 Mei 2014. Acara yang dilangsungkan di Taman Surya itu diawali dengan upacara yang di dalamnya juga termasuk penampilan tari remo dari 721 anak SD se-Surabaya.

Suasana ramai telah terlihat begitu memasuki pintu gerbang Balai Kota. Namun, jika kamu membayangkan kalau pesta rakyat ini akan bernuansa royokan alias saling berebut seperti yang terjadi pada setiap hal yang berbau ‘gratisan’, kamu salah besar. Acara makan gratis yang diadakan oleh Walikota Surabaya periode 2010-2015, Tri Rismaharini, ini berlangsung lancar dan tertib.

Pesta Rakyat 2014

Ketika memasuki Taman Surya, kita akan dihadapkan dengan stan-stan makanan. Makanan-makanan telah ditata cantik dalam piring-piring yang disusun rapi di atas meja-meja beralaskan kain putih. Petugas hanya perlu menyerahkan piring tersebut kepada pengunjung yang berminat. Atau untuk makanan berkuah seperti rawon atau lontong balap, petugas hanya perlu menuang kuahnya sebelum memberikan kepada pengunjung yang berminat.

Pesta Rakyat 31 Mei 2014

Pesta Rakyat 31 Mei 2014

Pesta Rakyat Surabaya
Minumannya seabrek

Pesta Rakyat Surabaya 2014
Beberapa warga tampak asyik makan

Pesta Rakyat Surabaya 2014
Lontong balap yang dicicipi oleh Tim Inilah Surabaya!

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya di mana Bu Risma turun ke tengah warga untuk menawarkan soto kemudian berfoto bersama, untuk acara kali ini Bu Risma tak tampak di manapun. Usut punya usut, Bu Risma harus segera pergi untuk membuka berbagai acara yang tersebar di seluruh wilayah Surabaya. Beberapa pengunjung termasuk penampil remo tampak kecewa karena tak bisa berfoto bersama Bu Risma.

Pada acara tersebut, juga terdapat sekelompok penyanyi orkestra yang menghibur pengunjung dengan suara merdu dan alunan musik yang menenangkan. Lagu-lagu yang dinyanyikan pun cukup menarik, berupa lagu-lagu kemerdekaan, lagu jawa, dan lagu-lagu yang berbau Surabaya (seperti Rek Ayo Rek dan Surabaya Oh Surabaya).

Pesta Rakyat Surabaya 31 Mei 2014

Pesta Rakyat Surabaya 31 Mei 2014
Air mancur Taman Surya berlatarkan Pesta Rakyat yang ramai

Pesta Rakyat 2014
Suasana Pesta Rakyat diliat dari Balai Kota

Acara tersebut berakhir dengan teratur. Begitu waktu acara selesai, petugas segara membongkar stan-stan, membersihkan sampah-sampah, serta mengumpulkan piring-piring kotor.

Pesta Rakyat 2014 Surabaya

Pesta Rakyat 2014 Surabaya

Selamat ulang tahun ke 721 untuk Kota Surabaya. Sampai jumpa di perayaan HUT Surabaya yang ke 722 tahun depan!!



Sumber:
- Liputan dan Wawancara oleh Tim Inilah Surabaya!


No comments:

Post a Comment