Thursday 24 July 2014

PASAR KAMPUNG AMPEL 2014 (20 JULI 2014)

Pasar Kampung Ampel

Dalam rangka memperingati bulan suci Ramadhan, telah digelar Pasar Kampung Ampel pada tanggal 20 Juli 2014 di Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel, tepatnya di Jalan Sasak. Acara ini digelar pertama kalinya pada tahun ini dan akan digelar lagi pada tahun-tahun berikutnya jika sukses. Bagi penikmat wisata kuliner, tentu bazar kuliner khas Timur Tengah ini menjadi salah satu event yang harus dikunjungi.

Untuk menggelar acara ini, kedua ujung Jalan Sasak ditutup total dengan dijaga oleh polisi dan satuan pengamanan. Di ujung jalan yang menuju Jalan Nyamplungan, didirikan sebuah panggung kecil untuk tempat pertunjukan musik dan pemutaran film dokumenter. Di depan panggung tampak jajaran beberapa buah kursi. Jalan Sasak yang semula ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor menjadi terlihat ‘lain’ dengan meja-meja yang ditata berjejer dan orang-orang yang tampak berjalan kesana kemari. Di depan gerbang yang menuju Masjid Sunan Ampel, terdapat pameran foto yang menyuguhkan foto-foto Surabaya Tempo Dulu.

Pasar Kampung Ampel

Pasar Kampung Ampel 2014

Acara yang rencana dimulai pukul 14.00 molor hingga menjelang Maghrib. Beberapa stan masih tampak belum siap ketika Tim Inilah Surabaya tiba di lokasi pada pukul 15.00. Pada pukul 16.30, Nasyid mulai melantunkan lagu-lagu Islami. Pengunjung yang datang pun bertambah banyak hingga membludak ketika menjelang Maghrib. Di antara pengunjung tersebut, ada beberapa wisatawan asing juga.

Stan-stan yang mengikuti acara menawarkan berbagai jenis makanan khas Kampung Ampel dan makanan dari luar Kampung Ampel. Ada salah satu stan yang menawarkan jasa pembuatan hena/mehendi. Ada pula stan yang menjual kartu pos dan buku tentang Surabaya. Berdasarkan informasi, stan-stan yang mengikuti acara tersebut akan dinilai secara sembunyi-sembunyi oleh panitia dan stan terbaik akan mendapatkan hadiah biaya pembinaan.

Yang menarik dari dekorasi acara tersebut adalah lampion-lampion yang dipasang menggantung di sepanjang Jalan Sasak. Ketika malam hari, lampion-lampion ini terlihat cantik, bersanding kontras dengan suasana malam.

Pasar Kampung Ampel

Pasar Kampung Ampel 2014

Semoga event yang sama bisa digelar pada tahun-tahun mendatang dengan lebih meriah lagi.



Sumber:
- Liputan oleh Tim Inilah Surabaya!

1 comment:

  1. Trims Admin untuk Share artikelnya.

    Oh ya sekedar informasi aja nih, bagi yang membutuhkan Jasa Sewa Genset Syncronize Bali untuk keperluan berbagai acaranya bisa coba hubungi kami ya.

    Salam blogger min.

    ReplyDelete