Sunday 5 February 2017

TAMAN PRESTASI SURABAYA


Salah satu taman yang populer di Surabaya dan banyak dikunjungi khususnya oleh para keluarga adalah Taman Prestasi. Taman yang beralamat di Jalan Ketabang ini dibangun pada tahun 1992 dan diresmikan pada tahun 1995 oleh Nyonya Basofi Sudirman, istri dari Gubernur Jawa Timur Periode 1993-1998. Lokasinya yang berada di pusat kota tentu menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang suka menghabiskan waktu di sini. Taman ini juga tergolong luas, yaitu sekitar 6000 meter persegi, memanjang di sepanjang jalan Ketabang Kali tersebut.




Berbagai jenis tanaman, rumput-rumputan, serta pohon-pohonan tampak menghiasi sebagian besar dari taman.




Nama Taman Prestasi itu sendiri mungkin berasal dari beberapa replika penghargaan yang ditempatkan di beberapa titik di taman tersebut misalnya Kota Raya Terbersih 1992 dan Wahana Tata Nugraha 1992.




Yang menarik dari taman ini adalah karena letaknya yang bersebelahan dengan Sungai Kalimas. Jadi, sembari menghabiskan waktu di taman, kalian bisa juga menikmati sungai tersebut. Seringkali, beberapa pendayung yang tengah berlatih juga melewati sungai tersebut, yang tentu bisa jadi hiburan tersendiri. Track-nya juga sangat panjang, mengelilingi taman, dan beberapa dari track tersebut langsung berada di sisi taman yang berbatasan dengan sungai. sekalian jogging, bisa menikmati sungai asyik juga kan?





Selain itu, dari taman ini, kalian juga bisa melihat bagian belakang dari Gedung Grahadi, yang pada jaman Belanda dulu merupakan bagian depan dari bangunan tersebut. Bagaimana bisa demikian? Ya, karena pada masa itu sarana transportasinya adalah perahu yang melewati sungai tersebut. Ada juga jembatan kayu gantung kecil yang menghubungkan taman dengan halaman Gedung Grahadi. Namun, saat ini, jembatan tersebut sudah tidak lagi digunakan, bahkan telah ditutup sehingga tidak bisa dilewati.



Tempat duduk juga banyak tersebar di beberapa titik di taman tersebut. Bahkan, ada terowongan buka yang bisa dijadikan untuk spot foto. Foto juga bisa dilakukan dari tepian jembatan gantung, dengan view sekitar Sungai Kalimas.




Tempat sampah juga bisa kita lihat di banyak bagian taman. Ini tentunya mendorong warga yang datang untuk buang sampah pada tempatnya, termasuk kalian. Jadi, biasakan untuk membuang sampah pada tempatnya, ya.



Poin lain yang membuat Taman Prestasi menjadi pilihan adalah karena lokasinya yang berdekatan dengan Sentra PKL Ketabang Kali. Jadi, setelah menghabiskan waktu di taman dan merasa lapar, kalian bisa sekalian makan di tempat tersebut.


Fasilitas lain yang disediakan adalah toilet, yang bisa ditemukan di sayap kiri dan kanan taman. Di taman ini, tersedia parkir yang luas untuk sepeda motor. Namun, untuk mobil, parkirnya memang kurang memadai, yaitu di sepanjang pinggiran Jalan Ketabang Kali. Bagi yang beragama Islam, ada pula mushola, yang sayangnya tidak terlalu terawat.






Taman Prestasi juga merupakan taman yang ramah difabel. Di bagian depan, ada jalur khusus bagi mereka yang menggunakan kursi roda. Ada pula toilet khusus yang disediakan khusus untuk para difabel. Untuk parkir, juga tersedia tempat khusus bagi difabel lho.




Oh ya, untuk para muda-mudi yang ke taman ini, wajib berperilaku sopan dan menjaga cara bergaul ya. Hormatilah orang-orang tua dan anak-anak yang juga menjadi pengunjung taman ini.




WAKTU OPERASIONAL


Senin – Minggu : 09.00 – 18.00


SPOT/ATRAKSI MENARIK


1. Sarana Bermain Anak


Taman ini sangat diminati oleh para keluarga di Surabaya khususnya pada akhir pekan atau pada hari libur. Salah satu alasannya tentu saja adalah sarana permainan yang lengkap dan tersebar di beberapa titik, seperti ayunan, prosotan, dan jungkat jungkit. Ada juga komidi putar, tapi entah, waktu Tim Inilah Surabaya! melakukan liputan, komidi putar tersebut sedang tidak dijalankan.









2. Panggung terbuka


Ada sebuah panggung terbuka yang ukurannya tidak terlalu besar, terutama jika dibandingkan dengan panggung terbuka yang ada di Taman Bungkul. Bentuknya berupa lingkaran yang agak rendah, yang dikelilingi jajaran tempat duduk di sekelilingnya. Di beberapa bagian tempat duduk, ada peneduh yang membuat tempat ini pada hari biasa enak dijadikan tempat untuk bersantai bersama teman dan keluarga, membaca buku, atau sekedar beristirahat.


3. Panggung hiburan


Berbeda dengan panggung terbuka, panggung yang satu ini memiliki posisi yang lebih tinggi, bahkan dilengkapi dengan tangga, sehingga terlihat seperti panggung-panggung hiburan pada umumnya. Di panggung ini, sering diadakan acara seperti lomba menyanyi atau hiburan dangdut. Bagi yang ingin menggelar acara dengan bantuan sound system, tentu mudah dilakukan di tempat ini karena sumber listriknya memang tersedia.



4. Monumen Pesawat Bomber B-26 Intruder


Salah satu spot yang cukup baru adalah Monumen Pesawat Bomber B-26 Intruder, yang letaknya di bagian taman yang dekat dengan pintu yang mengarah ke Sentra PKL Ketabang Kali. Monumen ini diresmikan oleh Walikota Surabaya Periode 2000-2010, Bambang Dwi Hartono pada 19 Juli 2006.

Monumen ini terdiri dari sebuah pesawat kecil yang masih lengkap. Tak jauh dari pesawat, kalian bisa menemukan prasasti yang menunjukkan data pesawat tersebut. Selain itu, ada pula sejarah singkat mengenai pesawat Intruder ini, termasuk jasanya dalam operasi penumpasan RMS di Maluku Selatan pada tahun 1950.

Sekarang, spot ini menjadi salah satu tempat favorit bermain anak-anak, selain tentu saja sarana permainan seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

5. Perahu Wisata Kalimas Surabaya


Yang tentu sangat disukai adalah melintasi Sungai Kalimas dengan naik perahu wisata. Biayanya cukup murah, yaitu Rp 4.000 (usia 2 tahun ke atas wajib dibelikan karcis). Pembayaran retribusi ini sudah sesuai dengan Peraturan Daerah nomor 13 tahun 2010 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah Pasal 14 Ayat 1 Huruf b (3).

Dibandingkan yang lain, wisata air di Taman Prestasi ini tergolong yang paling ramai di Surabaya.

6. Broadband Learning Centre


Broadband Learning Centre (BLC) merupakan tempat yang ditujukan untuk pembelajaran TIK dan Internet. Yang bisa memanfaatkan BLC ini adalah semua warga Surabaya. Banyak sekali siswa-siswi di Surabaya yang melakukan pembelajaran TIK di sini. Bahkan, seringkali diadakan pelatihan UMKM di tempat ini.

BLC ini sendiri merupakan produk Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Telkom Indonesia Divisi Regional V Jawa Timur. BLC ini dikelola oleh Diskominfo Surabaya dan masyarakat Surabaya bisa memanfaatkannya dengan gratis. Diharapkan, semua warga bisa melek teknologi informasi, yang ke depannya akan memperlancar program Surabaya Smart City.


TIKET MASUK


-

(Membayar Rp. 4.000 jika ingin menikmati Wisata Perahu Sungai Kalimas)


CARA MENUJU TAMAN PRESTASI


1. Terminal Bungurasih
2. Terminal Joyoboyo
3. Terminal Bratang

Peta Lokasi Taman Prestasi


ALAMAT TAMAN PRESTASI


Jl. Ketabang Kali no. 6, Surabaya



Sumber:
- http://www.enciety.co/surabaya-tambah-5-broadband-learning-center/
- Liputan dan Wawancara oleh Tim Inilah Surabaya!
- http://surabaya.panduanwisata.id/wisata-alam/taman-prestasi-surabaya-taman-keluarga/


4 comments:

  1. Apa taman yang biaya masuk tidak dipungut biaya retribusi tapi untuk menggunakan toilet tetap dipungut biaya?

    ReplyDelete
  2. Trims Admin untuk Share artikelnya.

    Oh ya sekedar informasi aja nih, bagi yang membutuhkan Jasa Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk keperluan berbagai acaranya bisa coba hubungi kami ya.

    Salam blogger min.

    ReplyDelete