Wednesday 4 June 2014

TAMAN EKSPRESI

Taman Ekspresi
Taman Ekspresi

Tak salah jika taman ini dinamai Taman Ekspresi. Begitu menjejakkan kaki di taman ini, kita akan langsung disambut dengan sajian seni tiga dimensi karya arek-arek Suroboyo. Pada sisi sebelah kiri dari pintu masuk terdapat gundukan tanah tinggi yang ditumbuhi rumput. Di tanah yang tidak boleh diinjak tersebut kita bisa melihat berbagai karya seni tiga dimensi yang dipasang sedemikian rupa sehingga sangat unik untuk dinikmati. Taman ini diresmikan pada 7 Mei 2011 oleh Walikota Surabaya periode 2010-2015, Tri Rismaharini. Taman yang terletak di Jalan Genteng Kali ini tepat berada di tepian sungai Kalimas, yang memberikan sensasi kenyamanan tersendiri bagi siapapun yang berkunjung.

Taman Ekspresi Surabaya

Taman Ekspresi Surabaya
Salah satu sudut taman

Taman Ekspresi SBY
Sungai Kalimas dilihat dari taman

Masuk lebih jauh ke dalam taman, kita akan menemukan karya seni lain yang merupakan vespa-vespa bekas yang dimodifikasi. Bentuk dan warnanya pun unik.

Taman Ekspresi

Taman Ekspresi Surabaya

Taman Ekspresi Surabaya

Selain itu, banyak karya lain yang terbuat dari barang-barang bekas, antara lain ban bekas, peralatan masak bekas, besi bekas, onderdil sepeda motor bekas, tong bekas, dll. Mungkin tema keseluruhan dari karya seni ini adalah pendaurulangan barang-barang bekas menjadi karya seni yang unik. Sayangnya, tidak disebutkan siapa yang berkontribusi membuat karya-karya tersebut.

Taman Ekspresi Jalan Genteng Kali

Taman Ekspresi Jalan Genteng Kali Surabaya

Taman Ekspresi Genteng Kali Surabaya

Taman Ekspresi Jln Genteng Kali Surabaya

Taman Ekspresi Jln Genteng Kali Surabaya

Taman Ekspresi Surabaya

Taman Ekspresi Surabaya

Taman Ekspresi Surabaya Genteng Kali

Taman Ekspresi Surabaya Genteng Kali

Taman Ekspresi Surabaya Genteng Kali

Tidak sampai di situ saja, taman ini masih memiliki beberapa hal yang membuatnya layak disebut sebagai Taman Ekspresi. Di beberapa tempat tersebar tempat duduk dengan model berbentuk huruf-huruf a, i, u, e, o yang lucu. Bahkan tempat duduk yang berbentuk huruf a, e, dan o merangkap pula sebagai tempat menanam bunga yang unik.

Taman Ekspresi Surabaya

Taman Ekspresi Surabaya

Taman Ekspresi Surabaya

Tong-tong kecil disulap menjadi tempat puntung rokok mungil yang imut.

Taman Ekspresi Surabaya

Salah satu hal unik lainnya adalah kita bisa menemukan pohon-pohon yang menjadi simbol persahabatan. Pohon-pohon tersebut ditanam oleh walikota-walikota dari negara-negara ASEAN, antara lain Walikota Kinabalu, Temburong, Bandar Sri Begawan, South East District (Singapura), dan masih banyak lagi.

Taman Ekspresi Surabaya
Tampak beberapa tanaman yang ditanam oleh
walikota-walikota dari negara ASEAN,
yang masing-masing diberi penanda

Taman Ekspresi Surabaya
Tanaman Kayu Lanang yang ditanam oleh
Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan
Walikota Kinabalu (Malaysia) Datuk Abid N. Madingkir

Taman Ekspresi Surabaya

Taman Ekspresi Surabaya
Tanaman Jambu Darsono yang ditanam oleh
Walikota Surabaya Tri Rismaharini dan
Walikota South East District (Singapura) Mohd. Maliki

Taman Ekspresi

Taman ini tertutup oleh bangunan-bangunan sehingga kebisingan yang ada di jalan raya Genteng Kali bisa teredam. Hal ini membuat taman ini semakin nyaman dikunjungi untuk berakhir pekan atau menikmati sore bersama keluarga.

Di taman ini juga ada fasilitas toilet dan wi-fi gratis. Bagi pengendara motor, tak seperti dulu yang harus parkir di pinggir jalan raya, mereka kini bisa parkir di dalam wilayah taman, tepatnya di halaman taman setelah pintu masuk. Bagi pengendara sepeda pun disediakan tempat parkir khusus.

Taman Ekspresi

Taman Ekspresi Genteng Kali

Taman Ekspresi Genteng Kali
Rambu "Dilarang Memetik Tanaman"

Taman Ekspresi Genteng Kali
Kantor yang ada di bagian depan taman, tempat mengurus berbagai perijinan


WAKTU OPERASIONAL


Senin–Minggu: 08.00–19.00* (Taman)
Senin–Minggu: 08.00–17.00 (Perpustakaan)

(*Apabila ada kepentingan atau acara yang akan diadakan di taman ini, bisa ijin ke kantor yang terletak di bagian depan taman.)


SPOT/ATRAKSI MENARIK


1. Perpustakaan

Tak jauh dari pintu masuk, terdapat sebuah perpustakaan kecil di bagian kiri jalan. Meskipun koleksinya tak selengkap yang ada di perpustakaan kota, perpustakaan ini bisa menjadi alternatif tempat baca yang menyenangkan. Dilingkupi oleh taman yang asri, pembaca pasti akan merasa lebih nyaman membaca di perpustakaan ini.

Perpustakaan Taman Ekspresi

Perpustakaan Taman Ekspresi Surabaya


2. Diorama

Berjalan lebih ke dalam lagi, kita akan disambut rindangnya pohon-pohon trembesi. Dahan-dahan trembesi yang rindang membuat bagian tersebut lebih teduh.

Diorama Taman Ekspresi

Di bagian bawah dari beberapa pohon trembesi tersebut terdapat gundukan-gundukan tanah yang tertutup rumput. Totalnya ada lima gundukan. Di masing-masing gundukan, terdapat semacam diorama mini yang kalau diperhatikan merupakan rangkaian cerita sejarah yang kronologis.

Dimulai dari diorama pertama yang menggambarkan pasukan yang dipimpin oleh dua lelaki berkuda. Salah satu lelaki membawa sebuah panji bergambar naga di satu sisi dan burung di sisi lainnya yang entah menyimbolkan apa. Diorama ini menceritakan tentang zaman kerajaan di Indonesia. Kemungkinan besar ini menceritakan tentang Ujung Galuh yang merupakan nama Surabaya pada masa kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Sejarah Taman Ekspresi Surabaya

Lokasi Taman Ekspresi Surabaya

Letak Taman Ekspresi Surabaya

Diorama kedua menggambarkan seorang lelaki berjubah dan bersorban putih yang sedang berdakwah di depan rakyat jelata. Tak jauh dari situ terdapat perempuan-perempuan yang tengah mengaji. Bagian ini menceritakan masuknya Islam di Pulau Jawa, khususnya di Surabaya. Dan lelaki bersorban tersebut kemungkinan besar adalah Sunan Ampel.

taman ekspresi dimana

Beranjak ke diorama ketiga, kita akan melihat beberapa orang berbaju Eropa. Mereka tampak tengah mengawasi pribumi yang sedang melakukan tugas mencangkul dan merawat taman. Bagian ini menggambarkan zaman penjajahan Belanda.

taman ekspresi gentengkali

Pada diorama keempat, kita bisa melihat lelaki-lelaki sipit mengenakan baju militer dengan topi khas yang memiliki simbol kotak putih dengan satu titik merah di tengah. Tampak seorang lelaki sipit tengah mengacungkan senjata ke arah seorang pribumi. Diorama ini menceritakan tentang zaman penjajahan Jepang.

tempat taman ekspresi surabaya

denah taman ekspresi surabaya

Agak di pojok, diorama terakhir menggambarkan dua lelaki, satu berpeci dan satu tidak, memakai jas dan celana putih dan di belakangnya terdapat beberapa orang berpakaian rapi. Dua orang ini adalah Soekarno dan Hatta, dan diorama terakhir ini menceritakan tentang pembacaan naskah proklamasi oleh kedua proklamator tersebut, sebagai tanda bahwa Indonesia sudah merdeka.

sejarah taman ekspresi


TIKET MASUK


-


CARA MENUJU TAMAN EKSPRESI


1. Terminal Bungurasih
- Naik Damri jurusan Tanjung Perak, turun di dekat Siola. Lanjut naik becak, turun di depan taman, atau naik lyn C (Blauran) turun di pertigaan Jl. Genteng Kali lalu berjalan sekitar 50 meter ke arah taman.

2. Terminal Joyoboyo
- Naik lyn M, turun di Jl. Genteng Kali.

3. Terminal Bratang
- Naik lyn N, turun di Jl. Genteng Kali.


Peta Lokasi Taman Ekspresi


ALAMAT TAMAN EKSPRESI


Jl. Genteng Kali Surabaya



Sumber:
- Liputan oleh Tim Inilah Surabaya!


1 comment: